RPP KELAS 1 TEMA PENGALAMAN SEMESTER 1


 RPP KELAS 1 TEMA PENGALAMAN SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)  TEMATIK
 

Nama Sekolah    :    .................................
Tema                   :    Pengalaman
Kelas/Semester   :    I / 1
Alokasi Waktu    :    3 minggu

Standar Kompetensi :
1. IPS       :  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling Menghormati   dalam kemajemukan    
                    Keluarga.   
2. IPA       :  Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat
3. PKN     :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
•    Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
•    Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan                              perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
•    Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
•    Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6.    Seni Budaya dan Keterampilan  : Mengapresiasi karya seni tari.

Kompetensi Dasar  :
    1. IPS  :
•    Menceritakan pengalaman
•    Menceritakan kasih sayang  antar anggota keluarga.

    2. IPA :
•    Mengenal cara menjaga  lingkungan agar tetap sehat

3.  PKN :
•    Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di  rumah maupun di sekolah.

4.  Matematika :
•    Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)

5.    Bahasa Indonesia :
•    Membedakan bunyi bahasa
•    Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi    yang sesuai.
•    Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
•    Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
•    Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
•    Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
•    Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar

6.    Seni Budaya dan Keterampilan :
•    Menidentifikasi fungsi   tubuh dalam   melaksanakan gerak di  tempat.
•    Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi  rendah.

I.     Tujuan Pembelajaran**  :
•    Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan..
•    Siswa dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua.
•    Siswa dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
•    Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan sekolah..
•    Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
•    Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukundan tidak rukun..
•    Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
•    Siswa dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang dan malam hari.
•    Siswa dapat mengurutkan nama –nama hari, bulan dan membaca jam pas.
•    Siswa dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.
•    Siswa dapat mendeklamasikan puisi.
•    Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami..
•    Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
•    Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
•    Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
•    Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah tempat

    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

II.     Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
•    Peristiwa masa kecil
•    Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah..
•    Hidup rukun dalam perbedaan.
•    Satuan pengukuran.
•    Pengucapan bunyi
•    Puisi anak
•    Membaca nyaring.
•    Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
•    Unsur-unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi iringan tari..

III.    Metoda Pembelajaran :
•    Ceramah
•    Diskusi.
•    Tanya jawab.
•    Demontrasi.
•    Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A.    Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
•    Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
•    Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
•    Mengumpulkan tugas/ PR
•    Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.

B.     Kegiatan inti   :
    Minggu I
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Mengamati dua gambar rumah yang bersih dan kotor.
    Menyatakan pendapatnya  tentang gambar yang ditampilkan.
    Menjelaskan kegiatan yang dilakukan orang tua pada pagi hari.
    Menjelaskan sikap yang dapat menjaga kerukunan dalam keluarga.
    Menjelaskan sikap yang tidak terpuji yang dapat menghancurkan kerukunan.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Membedakan dan memilih gambar mana yang disukai.
    Melalui cerita yang disampaikan guru siswa termotivasi untuk menjelaskan cara membersihkan rumah.
    Menyebutkan keuntungan dari membersihkan lingkungan rumah.
    Melalui model/ gambar yang menceritakan hidup rukun, siswa menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
    Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menyebutkan contoh kegiatan yang dilakukan anak-anak pada pagi hari.
    Mengisi tabel kegiatan.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Melalui alat, siswa mendengarkan suara binatang.
    Melalui motivasi guru, siswa mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan.
    Menceritakan peristiwa yang menyenangkan yang diabadikan melalui foto.
    Menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada siang hari oleh anak-anak.
    Menjelaskan kegiatan yang dilakukanorang tua pada siang hari.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Menyebutkan nama binatang yang ditiru suaranya.
    Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.
    Memberikan pendapat pada cerita yang disampaikan.
    Membuat tabel kegiatan.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Melalui pengalaman  siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Melalui tiruan suara binatang, siswa menjelaskan ciri-ciri dari binatang yang ditiru suaranya.
    Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.
    Menyususuntabel kegiatan.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Mealui motivasi guru siswa dapat mendeklamasikan lagu anak.
    Mendeklamasikan lagu anak tanpa melihat catatan.
    Mendeklamasikan lagu anak secara klasikal.
    Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nam –nama hari secara berurut.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan pada tiap-tiap hari.
    Menjelaskan kegiatan sekoalh pada hari-hari tertentu.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Mendeklamasikan  lagu anak dengan suara nyaring secara individual.
    Mengungkapkan perasaan ketika mendeklamasikan lagu tersebut.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Membuat daftar kegiatan siswa  setiap hari.
    Menyusun rencana kegiatan pada hari-hari tertentu.
    Mengerjakan soal latihan.
    Mmeberikan pendapat ketika temannya berdeklamasi.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Menceritakan isi puisi / deklamasi.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Memperagakan gerakan melompat, pada gerakan tari yang diiring tepukan.
    Memperagakan gerakan melenggang pada gerakan tari yang diiringi tepukan.
    Memperagakan gerakan melangkahkan kaki pada gerakan tari yang diiringi tepukan
    Melakukan tanya jawab tentang deklamsi tersebut.
    Membuat kesimpulan tentang isi puisi/ lgu yang dideklamasikan.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu  ke 2
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Menjelaskan kerugian bila kita tidak rukun dengan anggota keluarga atau teman.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Melalui contoh peragaan membersihkan kelas, siswa termotivasi untuk menjelaskan manfaat dari membersihkan sekolah.
    Memperagakan cara membersihkan kelas.
    Menyebutkan bagian kelas yang dapat dibersihkan.
    Setelah mendengarkan cerita dalam gambar, siswa membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
    Mendiskusikan sikap yang baik agar tetap terjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
    Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nama bulan dalam setahun.
    Menuliskan nama bulan kelahiran anggota keluarganya.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk mennyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di sekolah.
    Mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika temannya bercerita.
    Melalui pengalaman, siswa dapat menjelaskan tentang kasih sayang orang tua tidak ada yang menggantikannya.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Menyebutkan bukti kasih sayang orang tua terhadap anaknya.
    Menyebutkan sikap yang terpuji seorang anak kepada orang tuanya.
    Mengucapkan doa yang khusus untuk orang tua.
    Menyusun kegiatan, peristiwa pada tiap bulannya.
    Menuliskan nama bulan kelahiran temannya.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Mengamati kartu huruf yang sudah dipelajari dan dirangkai menjadi kata.
    Membacanya dengan suara nyaring.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Menyusun huruf tambahan y,g,j dengan huruf yang sudah dipelajari.
    Membuat kata yang baru, yang disusun dari huruf lama dan huruf baru.
    Membaca susunan kata yang digabung menjadi kalimat sederhana.
    Menyebutkan nama bulan dalam setahun secara berurut dari bulan ke satu sampai bulan ke dua belas tanpa ada yang terlewat.
    Menyebutkan jumlah hari pada tiap bulannya.
    Menyebutkan nama bulan yang jumlahnya 30 hari.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Membaca dengan suara nyaring gabungan kata-kata yang ditulis di papan tulis.
    Menjelaskan kegunaan jam sebagai penunjuk waktu.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Membuat kalimat baru dari huruf-huruf yang sudah dipelajari.
    Melalui pengalaman dan penjelasan dari guru, siswa mengenal jam analog.
    Menyebutkan macam-macam jam yang dikela siswa.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Membaca kalimat  yang didiktekan guru dengan suara yang nyaring dan lafal yang benar.
    Membaca kaliamt yang didiktekan secara klasikal dan individual.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Mengamati jam analog yang mempunyai jarum detik, menit dan jam.
    Mengamati angka yang tertera pada jam.
    Mengamati perputaran jarum jam pada tiap deti, menit dan jam.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Menebalkan kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan huruf lepas dan sambung.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Memperagakan gerakan-gerakan tiruan  kupu kupu sambil diiringi lagu.
    Memperagakan grakan –gerakan tiruan burung sedang terbang sambil diiringi lagu.
    Menjiplak dan menebalkan bentuk gambar dan huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, l ,g, j, dan y
    Menjiplak dan menebalkan suku katadan  kata
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


Minggu  ke 3
    Pertemuan pertama  :  3 x 35 menit  ( IPA, PKN, Matematika)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Membaca tanda waktu yang ditunjukkan denganjarum jam analog.
    Membaca jarum jam secara individual dan klasikal.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Setelah menyampaikan berbagai penjelasan, siswa menyebutkan alat-alat yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah dan sekolah.
    Membubuhkan jarum jam pada gambar jam.
    Menyampaikan contoh dari akibat tidak menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke dua   3 x 35 menit   ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Menjelaskan bahwa sesama anggota keluarga harus menjaga kasih sayang dan saling menghormati.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana  dari papan tulis atau buku  dengan tulisan lepas yang rapi dan terbaca.
    Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana  dari papan tulis atau buku  dengan tulisan sambung yang rapi dan bentuk huruf yang benar.
    Menceritakan tentang kasih sayang antara anggota keluarga .
    Menyebutkan bukti-bukti kasih sayang mereka kepada kita.
    Menggambar jam sesuai denga kegiatan yang ditunjukkan oleh gambar.
    Melengkapi gambar jam dengan membubuhkan jarum pendek 
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ke tiga  2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika  )
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Menggambar jam dengan peletakan jarum dan penulisan angka dengan tepat.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas.
    Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf sambung.
    Menggambar jam sesuai dengan kegiatan yang ditukis oleh guru.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di rumah .
    Membaca jam dengan menggunakan model jam analog.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang  diamati.
    Menggambar jam dengan meletakkan jarum pendek dan jarum panjang  dengan tepat.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

    Pertemuan ke lima  3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di pasar .
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Menggambar jam dengantepa dalam peletakan jarum pendek dan jarum panjang.
    Membuat jam mainan yang dapat digunakan untuk model.
    Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang  diamati.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


    Pertemuan ke enam  3x 35 menit  (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa    
      Indonesia)
    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari.
    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    Memperagakan gerakan tiruan bunga yang bergoyang sambil diiring musik
    Mmperagakan gerakan tiruan pohon bergoyang sambil diiringi musik.
    Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang  diamati.
    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.    Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
    Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
    Mengerjakan post tes
    Pemberian PR / tugas

V.  Alat dan Sumber Belajar
     Buku Sumber :
1.    Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
    Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
    Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
    Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.

Alat Peraga  :
    Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
    Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
    Kartu huruf, kartu kata, kalimat
    gambar dan model jam analog.
    selendang, rebana.
    Gambar alat kebersihan..


VI.  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian
    Teknik    Bentuk
 Instrumen    Contoh
Instrumen
1.    IPS :
•    Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
•    Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
•    Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.

2.    IPA :
•    Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
•    Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
•    Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.

3.    PKN :
•    Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
•    Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
•    Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.

4.    Matematika :
•    Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
•    Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
•    Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
•    Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
•    Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
•    Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.

5.    Bahasa Indonesia.
•    Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
•    Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
•    Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
•    Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
•    Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
•    Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
•    Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
•    Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
•    Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
•       Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

6.    Seni Budaya dan Keterampilan. :
•    Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
•    Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
•    Mengidentifikasi gerak tiruan hewan  yang dapat terbang
•    Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.
   
Tes lisan Tes tertulis
   
Uraian
isian    1.    IPS :
•    Ceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
•    Jelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
•    Ceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.

2.    IPA :
•    Jelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
•    lakukanlah perawatan kebersihan di sekolah.
•    Sebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.

3.    PKN :
•    Ceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
•    Bandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
•    Jelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.

4.    Matematika :
•    Sebutkanlah contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
•    Sebutkanlah mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
•    Sebutkanlah Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
•    Jelaskanlah membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
•    Gambarkanlah  jam sesuai dengan kegiatan
•    Tentukanlah  letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.

5.    Bahasa Indonesia.
•    Bedakanlah berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
•    Sebutkanlah puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
•    Bagaimana cara mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
•    Bagaimana cara Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
•    Bagaimana cara Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
•    Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
•    Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
•    Bagaimana cara Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
•    Bagaimana cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
•    Bagaimana cara Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

6.    Seni Budaya dan Keterampilan. :
•    Sebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
•    Jelaskanlah  gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
•    Jelaskanlah  gerak tiruan hewan  yang dapat terbang
•    Jelaskanlah  gerak tiruan tumbuhan.

•    LKS
•    Lmbar observasi.


  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui                                                                               ……...., ………………… 20…        
Kepala Sekolah SD/MI …….                                                 Guru Tematik Kelas I



( ………………..………… )                                               ( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………                                                 NIP/NIK : …………………       






History of the Indian Temple Building

Types of stone architecture. There are two types of stone architecture, Rock cut. Rock-cut architecture is made by carving into natural rock. Usually hewn into the sides of mountain ridges, rockcut structures are made by excavating rock until the desired forms are achieved.Stone built. The focus of this guidebook, stone-built architecture, on the other hand, involves assembling cut stone pieces to form a whole. Buddhism gets the ball rolling.

  1. corporate travel management, sbi foreign travel card, government travel card login, axis bank travel card login, icici bank travel card login, wiki travel, government travel card training, travelers business insurance, business travel agency, corporate travel planners, best business credit cards for travel, corporate travel agent, best credit card for travel miles, travel points credit card, icici travel card, travel credit cards no annual fee, credit cards for travel miles, travel rewards credit cards, best travel rewards credit card, deem travel, travel management company, best credit card for travel points, folding dress shirts for travel, best travel cards, travel credit cards, travelers insurance workers comp, best travel credit card no annual fee, what are travelers checks.

best travel insurance for usa, travel insurance companies, how far does a cough travel, travellers diarrhea, best travel rewards credit cards, traveling nursing jobs, best time to travel to southeast asia, travel insurance plans, american express travel notification, credit card travel insurance.

The first stone architecture in India was rock cut and executed by Buddhist monks; prior to these structures, all architecture had been made of wood. The most impressive examples were rock-cut religious sanctuaries, excavated directly out of the basalt mountains lining the western edge of the Deccan Plateau, the elevated, v-shaped landmass that comprises most of the Indian peninsula. The caves at Ajanta - as well as those at nearby Bedsa, Bhaja, Karla, Kondane, Nashik, and Pitalkhora - were part of this initial wave of excavations.

  1. travel rewards card, travel rewards cards, travelers commercial insurance, axis bank travel card, corporate traveller, best travel rewards card, best travel rewards credit card 2017, best card for travel miles, top travel credit cards, icici travel card login, corporate travel services, best travel credit card offers, the best travel credit card, go hilton team member travel program, traveling insurance, best credit card for air travel, how to fold a dress shirt for travel, apec business travel card, travel credit cards for students, travelers workers comp phone number, citibank travel card, credit card for international travel, good travel credit cards, should i use a travel agent, christopherson business travel, best airline travel credit card, best credit card for travel benefits, post office travel card, citibank government travel card login, one travel credit card, citi gov travel card, travelers brewery, visa travel credit card, what is the best travel rewards credit card, best no fee travel credit card.

Inspiration for India's rock architecture Early Buddhist architecture was likely indirectly inspired by that of the Egyptians. The Egyptians were probably the first civilization in the world to construct stone architecture; they began with stone-built pyramids in the 27th century BCE (Djoser's Step Pyramid in Saqqara) and continued with rock-cut tombs in the 16th century BCE (Valley of the Kings in Luxor).

travel credit card offers, american express platinum travel benefits, business travel, best credit card for travel insurance, travel voucher army, citi government travel card, travel card 101, credit card for travel, best credit card for international travel, best travel credit card 2017, compare travel credit cards, which seismic waves travel most rapidly, best credit card for foreign travel, best travel rewards cards, gov travel card, best travel credit card, travel and tourism degree, travel time pay for hourly employees, travel card, us bank corporate travel, travelers workers comp, best travel hashtags, defense travel system, best credit cards for travel rewards, wells fargo travel notice, best credit cards for travel, best credit cards for travel miles, castaway travel, travel insurance international, travel to mexico with green card.

At the same time, similar stone-built pyramids, called ziggurats, were being built not too far away in Mesopotamia (modern day Iran and Iraq); the earliest probably date from the late part of Sumeria's Early Dynastic period (2900-2350 BCE). The ziggurat pyramid design, however, was never transformed from stepped to smooth edged, as was the case in Egypt.

  1. amex platinum travel benefits, best travel card, travel debit card, best credit card for travel rewards, what is the best credit card for travel, travel reward credit cards, credit cards with travel rewards, american airlines award travel, government travel card citi, best credit cards for travel abroad, bankamericard travel rewards credit card, health insurance traveling abroad, travel credit card, the mark travel corporation, travelers home insurance login, thomas cook travel card, citi travel card, credit cards for travel, travel lounge, best travel points credit card, international travel medical insurance, best credit card for travel, best credit cards for international travel, travel rewards credit card, travel credit cards for bad credit, citi dod travel card, international travel health insurance, business travel tips, lotus traveler, best credit cards for travel points, corporate travel, travel savings card, buy travel insurance, best credit card for european travel.
  2. Egyptian and Mesopotamian forms and building practices were borrowed by the Persians, who embraced rock-cut architecture. In fact, the royal tombs of Darius (522 BCE to 486 BCE) and the rest of the Old Persian (Achaemenid) Empire were rock cut; they are located just outside of the ancient city of Persepolis in modern-day Iran. Most likely drawing on Persian precedent, India's earliest stone architects commenced building rock-cut architecture in the 3rd-2nd centuries BCE. These architects adapted Persian forms - infusing them with local design preferences derived from their existing wood-based architecture and introducing entirely new features to suit their unique religious practices - to create rock caves with an entirely new aesthetic.

travel health insurance canada, visa travel card, law and order svu lost traveler, best travel credit cards, traveler insurance, government travel card, best debit cards for international travel, best rewards credit card for travel, citibank government travel card phone number, best travel reward credit cards, travel times, us bank travel card, defense travel management office, travel insurance for usa visitors, travel health insurance europe, annual travel insurance, chase travel credit card, how to become a traveling nurse, travel trailer insurance quote, travel nursing pros and cons, travel agents australia, travel card 101 answers, medical travel insurance, united travel insurance, travel insurance online, travel insurance medical, john hancock travel insurance, travelers casualty and surety company of america, cruise travel insurance, allianz travel insurance claim, educational travel, credit cards with travel insurance, travel rewards, hertz travel agent, enterprise travel agent, travel insurance quotes, should i get travel insurance.

Why were the Buddhists the first to build in stone? It appears that the Buddhists just happened to have the support of rulers and rich merchants during the critical period in which Persian rock-cut architectural practices began to trickle into the subcontinent. Keep in mind, although the Buddhist faith was founded in India in the 6th century BCE, it did not gain widespread adoption until it received imperial sponsorship by the powerful Mauryan Emperor, Ashoka, who converted to Buddhism and ruled most of the Indian subcontinent from 269-232 BCE. The faith garnered subsequent momentum as a rising merchant class were attracted to Buddhism.

  1. costco travel insurance, citi government travel card login, citi travel card dod, uw travel clinic, fcm travel, the travel corporation, vietnam travel agency, visa prepaid travel card, citi government travel card online account access, which item is a benefit of using the travel card, mastercard prepaid travel card, travel point, bcaa travel insurance, short term travel health insurance, international travel insurance, travel medical insurance usa, us travel insurance.

american airlines group travel, travel insurance for usa from india, chase sapphire reserve travel insurance, best travel medical insurance, mastercard travel card, bajaj allianz travel insurance, chase reserve travel insurance, travel time to work, exclusive group travel, barclay travel card, travel insurance cancel for any reason, amex travel card, amex travel card, best travel health insurance, chase travel card.